0856-4000-7203 tiki.perintis@gmail.com

Mengenal Sistem Kode Pos

Hii SobatTIKIPurwokerto…
SobatTIKIPurwokerto tentunya sudah sangat familiar dengan kode pos bukan? Ya, Kode Pos adalah serangkaian angka dan/atau huruf yang ditambahkan pada alamat surat untuk mempermudah proses pemilahan surat/ paket barang kiriman.

Di negara lain, kodepos lebih dikenal dengan sebutan ZIP Code. Kode ini digunakan untuk efisiensi dan mempermudah pengiriman surat maupun paket pengiriman barang dari dan ke berbagai wilayah di sebuah negara. ZIP sendiri kepanjangan dari Zone Improvement Plan.

ZIP Code atau kode pos ini biasanya terdiri dari beberapa angka yang menunjukkan kode dari sebuah area. Umumnya, kodepos terdiri dari lima angka. Namun, ada juga yang memiliki angka tambahan untuk mengidentifikasi alamat /lokasi pengiriman barang yang lebih detil.

Sejarah Kode Pos

Kemunculan kode pos diawali oleh penggunaan kode wilayah untuk sejumlah kota besar Amerika Serikat pada tahun 1943. Dua tahun sebelumnya, Jerman sebenarnya telah menggunakan sistem kodepos pertama kali di dunia. Namun baru setahun kemudian di AS, Robert Moon mengajukan sistem kode ZIP saat bekerja menjadi inspektur pos yang awalnya hanya menggunakan 3 angka. Selang hampir dua puluhan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1963, sistem 5 angka seperti yang kita kenal sekarang baru digunakan karena dibutuhkan kode yang lebih sistematis dan terorganisir untuk mempermudah identifikasi dan penyortiran alamat tujuan pengiriman surat. Beliau pun juga kemudian dikenal sebagai penemu kode pos.

Di Indonesia sendiri, kodepos baru digunakan di era 80-an oleh PT Pos Indonesia, yang dahulu masih berstatus perusahaan umum (perum). Jumlah angka digit yang dipakai sama dengan yang dipakai di sistem pos internasional, yaitu lima digit.

Sistem Kodepos

Dalam kodepos ada setidaknya 5 angka yang mengandung arti tertentu yaitu :

  1. angka pertama menunjukkan kode wilayah lokasi kantor pos berada
  2. angka kedua dan ketiga menunjukkan kode kabupaten atau kotamadya
  3. angka keempat menunjukkan kode kecamatan
  4. angka kelima menunjukkan kode kelurahan atau desa

 Jenis Kodepos

Menurut penggunaannya, sebenarnya ada 4 jenis kodepos, yaitu :

  1. Kodepos unik (kodepos yang hanya digunakan untuk alamat yang menerima volume surat yang tinggi, seperti kantor-kantor dan lembaga-lembaga pemerintah serta pusat-pusat bisnis)
  2. Kodepos khusus PO BOX (Post Office Boxes) (kodepos yang hanya digunakan untuk pengiriman via kotak pos)
  3. Kodepos militer (kodepos khusus untuk kalangan militer)
  4. Kodepos standar (kodepos yang digunakan untuk umum)

Naah sekarang SobatTikiPurwokerto sudah tahu kan, kenapa penulisan kode pos pada alamat pengiriman surat/ paket barang sangat penting untuk mempercepat proses pengiriman/pengantaran surat/ paket barang.


 

Tiki Purwokerto
Ruko No 3, Jl. Perintis Kemerdekaan,
Purwokerto 53141

Jam Operasional TIKIPurwokerto :
Senin – Sabtu : 06.30 – 21.00
Minggu : 09.30 – 15.00

Waktu Operasional Pick Up Service TIKI Purwokerto:
Setiap hari kerja, Pukul 10.00 – 14.30 WIB

email : tiki.perintis@gmail.com
website : www.tikipurwokerto.com

Pickup order : 0856-4000-7203 (wa)
hotline : 1500 125 (Pulsa lokal)